Dapatkan Info & Tips Otomotif beserta Berita VITTA-Q terbaru - dengan berlangganan GRATIS!!
Nama :
eMail :


Kata Kunci :

VITTA-Q RSS Feed   [Valid RSS]
MOBIL ROBOT MELUNCUR DI NEVADA

Mobil Robot Meluncur di Nevada  


PERUSAHAAN Jerman dan Amerika Serikat meneliti mobil tanpa sopir alias mobil robot. Baru minggu lalu, setelah beberapa lobi dari Google, Nevada menjadi daerah pertama Amerika yang diberi otorisasi menjalankan mobil otonom di jalan umum.

Pembuat mobil dari Jerman yakni Daimler, BMW, Volkswagen, dan Audi, serta perusahaan yang terkait dengan industri otomotif, seperti Bosch, telah diam-diam mendorong jenis penelitian terkait di Eropa.

Dengan guyuran uang pada teknologi serta dukungan Google yang menguji mobil robot di Amerika Serikat, banyak ahli memprediksi tidak akan terlalu lama lagi kendaraan tanpa sopir melaju di jalanan.

Google mengungkapkan bahwa musim gugur yang lalu bahwa pihaknya telah sukses mengendarai mobil robot di jalan California lebih dari 225.000 kilometer selama berbulan-bulan pada 2010.

Departemen Perhubungan Nevada sekarang bertugas untuk mengadopsi peraturan otorisasi pengoperasian kendaraan tanpa sopir di jalan raya.

Penelitian untuk mengemudi otonom telah muncul sejak tujuh tahun lalu. Kala itu, Departemen Pertahanan Amerika membuat lomba balap mobil gurun tanpa sopir. Perlombaan itu sulit karena tidak satu pun dari 15 peserta berhasil sampai ke garis akhir.

Sekarang teknologi mobil robot telah jauh membaik sejak saat itu. Hari ini, dengan kamera video, sensor radar atau laser range finders, mobil uji dapat mengarahkan diri mereka sendiri melalui lalu lintas kota yang nyata.

"Ini merupakan pengalaman pertama yang sangat fantastis karena Anda duduk di kursi pengemudi dan Anda memiliki kendali atas segala sesuatu," kata Jesse Levinson, seorang peneliti dari Universitas Stanford.


Media Indonesia

GO GREEN with VITTA-Q