Dapatkan Info & Tips Otomotif beserta Berita VITTA-Q terbaru - dengan berlangganan GRATIS!!
Nama :
eMail :


Kata Kunci :

VITTA-Q RSS Feed   [Valid RSS]
TEKNOLOGI ANTI TABRAK PEJALAN KAKI & MOTOR TERBESAR DI DUNIA

Teknologi Anti Tabrak Pejalan Kaki & Motor Terbesar di Dunia   Teknologi Anti Tabrak Pejalan Kaki & Motor Terbesar di Dunia  


>> Volvo Kembangkan Teknologi Anti Tabrak Pejalan Kaki <<


SWEDIA- Volvo akan membuat pejalan kaki lebih nyaman dan aman dengan penggunaan teknologi pedestrian avoidance technology (PAT).

Dengan penggunaan technology tersebut, diharapkan dapat mengurangi risiko kematian dari insiden tabrakan dengan pejalan kaki hingga 85 persen.

Teknology tersebut tersedia untuk pasar Australia dalam model S60 terbaru mulai bulan Desember. Penggunaan technology tersebut semakin mendesak, dikarenakan selama beberapa dekade terakhir sebanyak 3.449 pejalan kaki telah tewas di jalan-jalan Australia, sehingga Volvo percaya teknologi ini akan dihargai di pasar lokal.

Teknologi ini merupakan kombinasi dari radar yang terintegrasi ke dalam kisi-kisi grill dan kamera yang dipasang di belakang kaca spion interior. Alat tersebut dapat mendeteksi pejalan kaki dengan tinggi lebih dari 80cm, atau setara dengan seorang anak berusia tiga tahun.

"Karena sekitar setengah dari semua kematian pejalan kaki, tidak melibatkan pengereman oleh pengemudi, tabrakan sering terjadi pada kecepatan perjalanan awal. Kecepatan kendaraan sangat penting untuk keselamatan pejalan kaki. Karena sembilan dari sepuluh pejalan kaki yang tertabrak pada kecepatan 30 km/jam akan bertahan hidup," kata Senior Research Fellow, Monash Accident Research Centre and Pedestrian Safety Expert Bruce Corben, seperti dikutip dari Autoevolution, Jumat (17/9/2010).

Pada kecepatan 50 km/jam, sembilan dari sepuluh tabrakan dengan pejalan kaki akan menyebabkan kematian. Sehingga dengan penerapan tekonologi yang dapat mendeteksi pejalan kaki di depan, akan mengaktifkan pengereman sebelumnya dan menghentikan kendaraan sehingga memperpendek jarak, tidak hanya dalam menghindari benturan tetapi, dengan mengurangi risiko cedera.

Volvo PAT dilaporkan bisa menghindari tabrakan dengan pejalan kaki di kecepatan hingga 35 km/jam jika pengemudi tidak bereaksi pada waktunya. Pada kecepatan tinggi, fokusnya adalah pada memperlambat mobil sebanyak mungkin sebelum terjadi dampak yang ditimbulkan.

Tantangan selanjutnya adalah Volvo memenuhi komitmennya untuk Mobility 2020 vision, yang menyatakan bahwa orang tidak akan mengalami cedera serius atau fatal terluka dalam atau oleh Volvo pada tahun 2020.

--

>> Motor Terbesar di Dunia Dilego Rp2,2 Miliar <<


JERMAN- Gunbus 410. Begitu motor ini disebut. Sesuai namanya, ternyata Gunbus merupakan motor terbesar di dunia.

Mau bukti? Motor yang dibangun oleh perusahaan Leonhardt Manufacturing tersebut memiliki panjang 3,44 meter. Bandingkan dengan panjang motor pada umumnya yang rata-rata berada pada kisaran 1 meter - 2 meter.

Sementara untuk mesinnya menggunakan dapur pacu berkapasitas 410 inci kubik V-Twin yang sanggup memproduksi tenaga sebesar 350 HP dengan torsi hingga 523 Nm. Mirip daya sebuah mobil sport bukan?!

Bila punya kekuatan yang cukup untuk mengendalikan motor jumbo ini, maka bisa saja tembus hingga kecepatan 250 km/jam. Demikian dikutip dari Motorcycle.com, Jumat (17/9/2010).

Kekuatan itu ternyata akibat Clemens Leonhardt sebagai pendiri perusahaan menjejalkan mesin yang diadopsi dari pesawat jet Boeing 746 yang dibuat khusus di Jerman. Mesin sebesar itu dipadu dengan ban depan berukuran 38 inci x 11 inci dan ban belakang 42 inic x 15 inci.

Secara matematika, maka penggunaan semua bagian yang serba raksasa tentu membuat Gunbus 410 memiliki bobot dua kali mobil bermesin V-Twin atau empat kali lipat berat motor Harley Twin Cam.

Prototipe perdana Gunbus 410 sempat melakukan debut kepada publik dunia pada awal 2008. Dan asyiknya, jika Anda berminat, Leonhardt yang merupakan pencipta kendaraan-kendaraan aneh melepasnya untuk umum dengan harga 190.000 Euro atau sekira Rp2.2 miliar.

--

Sumber: Okezone


Segera gunakan VITTA-Q sebelum AKI rusak dan boros biaya!