Dapatkan Info & Tips Otomotif beserta Berita VITTA-Q terbaru - dengan berlangganan GRATIS!!
Nama :
eMail :


Kata Kunci :

VITTA-Q RSS Feed   [Valid RSS]
MOBIL BERTENAGA HIDROGEN & MOBIL BERTENAGA SURYA

Mobil Bertenaga Hidrogen & Mobil Bertenaga Surya   Mobil Bertenaga Hidrogen & Mobil Bertenaga Surya  


Mobil Kecil Bertenaga Hidrogen

Konon, mobil yang panjangnya kurang dari 11 kaki 6 inci tak akan mungkin bisa memenuhi standard keamanan. Tapi, tak semua orang setuju dengan hal tersebut.

Hugo Spowers, insinyur sekaligus entepreneur, dengan Riversimple, bersama para ilmuwan dan insinyur, berambisi melahirkan mobil bertenaga hidrogen untuk diproduksi massal.

Kendaraan ini hasil perancangan ulang dari mobil konsep hidrogen yang lebih ada dengan badan yang lebih kecil. Rencananya pertengahan Februari 2011 purnarupanya sudah siap.

Hidrogen tidaklah murah, tapi Riversimple menyiasati dengan bentuk kecil dan ringan sehingga ongkosnya murah dan dampak lingkungannya kecil.

"Kendaraan ini ditujukan untuk penggunaan lokal, radius 25 mil," kata Spowers. Masuk akal juga karena rencananya semua Riversimple cuma punya 1 SPBU yang dipasok oleh BOC, perusahaan terbesar pemasok gas industri di Inggris.

Kecepatan maksimalnya 80.46 km/jam, akselerasi 0-48 km/jam dalam waktu 5,5 detik dan tangki hidrogen 5.000 psi bisa untuk 386 km.

Mobil itu setara dengan kendaraan bermesin BBM yang menghabiskan 482 km per tangki. Emisi CO2 nya 34gram/km, bandingkan dengan diesel Smart yang lebih dari 100 gram/km.

--

Mobil Tenaga Surya Pecahkan Rekor Dunia


Sebuah mobil bertenaga surya yang dirancang oleh para mahasiswa dari Universitas New South Wales (UNSW) Australia telah memecahkan rekor dunia kecepatan mobil bertenaga surya, yaitu 88 km/jam.

Mobil yang bernama "Sunswift" mengalahkan rekor sebelumnya yaitu 79 km/jam sewaktu uji coba kecepatan resmi pada Jumat di landasan terbang Pangkalan Angkatan Laut HMAS Albatros di Nowra, Australia selatan yang melaju pada kecepatan lebih dari 88 km/jam, sebagaimana dikutip dari CIHAN.

Mobil tenaga surya tersebut juga terkenal dengan nama Sunswift Ivy yang dirancang dan dirakit di Universitas New South Wales. Mobil ini menghasilkan tenaga listrik sekitar 1.200 watt yang menyamai kekuatan sebuah pemanggang roti.

"Kami amat gembira dengan hal itu, kami telah memecahkan rekor," kata manajer proyek Sunswift, Daniel Friedman.

Hal yang penting dari mobil ini adalah tenaga yang khusus dihasilkan oleh sel silikon tenaga surya. Ivy biasanya menggunakan selnya untuk mengisi sebuah baterai seberat 25 kilogram, namun baterai itu telah dipindahkan bagi pencapaian rekor.

Juri dari "Guinness World Book of Records" hadir pada pengujian tersebut dan telah menyerahkan sertifikat rekor.

--

Antara News

GO GREEN with VITTA-Q!



mobil, GO GREEN, GREEN car, mobil bertenaga hidrogen, mobil bertenaga surya