Dapatkan Info & Tips Otomotif beserta Berita VITTA-Q terbaru - dengan berlangganan GRATIS!!
Nama :
eMail :


Kata Kunci :

VITTA-Q RSS Feed   [Valid RSS]
JANGAN LUPA MENGGANTI SARINGAN OLI

Jangan Lupa Mengganti Saringan Oli  


Sekadar mengingatkan, kalau Anda ganti oli, jangan lupakan filternya, apalagi jika saringan oli itu terbuat dari kertas. "Jika sudah lama, maka itu bisa hancur dan menutupi jalannya oli," ujar Lerry Rahmat dari Caos Custom.

Motor yang memakai filter oli kertas di antaranya Kawasaki Ninja 250, KLX 250, Hyosung RX dan RT 125. Demikian juga dengan bebek seperti Suzuki Shogun 125, Smash, dan Kawasaki. Pasalnya beberapa orang mengira kalau motor hanya butuh ganti oli. "Akibat lama enggak diganti, filter oli dari kertas bisa hancur di dalam," ungkap Lerry.

Kondisi bakal lebih runyam ketika sampah saringan kertas sudah menutupi jalur oli. Jika demikian, siap-siap jeroan mesin bakal baret lantaran tidak dibasahi oli. Kalau sampai begitu, pemilik bakal merogoh kocek sekitar Rp 1 juta untuk memperbaiki dapur pacu. Sekali lagi, ini semua hanya karena komponen berharga murah tadi.

Oleh karena itu, sebelum semua terjadi, pemilik motor diingatkan untuk mengganti filter oli bersama oli mesin setiap dua kali ganti oli. Banyak kok yang menawarkan produk aftermarket. Umur pakainya pun lebih panjang dibanding barang standar, walaupun pemilik motor tetaplah harus cek kondisi filter saat ganti oli.


Sumber: Kompas